Pendidikan dalam Gerakan Pramuka adalah proses pendidikan sepanjang hayat yang berkesinambungan dengan sasaran menjadikan manusia taqwa, berbudi pekerti luhur, mandiri,memiliki kepedulian tinggi terhadap nusa bangsa, masyarakat dan lingkungannya, alam seisinya, bertanggung jawab serta bertanggung jawab serta berpegang teguh pada nilai-nilai luhur.

Adanya Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar ini tidak lain untuk mendapatkan bekal dasar dalam membina dan pengakuan sebagai Pembina Pramuka yang mahir di tingkat dasar. Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar atau disingkat KMD merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan di Pondok Modern Arrisalah Program Internasional bekerja sama dengan Kwarcab kota Ponorogo selama 6 hari berturut-turut, mulai tanggal 11-16 Januari 2021. KMD kali ini diikuti sebanyak 125 peserta santri 5 KMI baik putra maupun putri. Peserta KMD dibagi menjadi 16 laskar dalam 3 classter dipimpin oleh seorang pimpinan kursus (dari pelatih) dan dibantu oleh staf Koordinator Gerakan Pramuka dan beberapa disgiat. Pelatih dalam kursus ini yaitu: Lulusan Kursus Pelatih Tingkat Lanjutan (KPL), Lulusan Kursus Pelatih Dasar (KPD), Asisten pelatih yaitu: para Pembina lulusan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Kwarcab Ponorogo.
Kegiatan ini telah dibuka oleh KaKwarcab Ponorogo pada hari senin, 11 Januari 2021 di Aula Progressive. Tujuan diadakannya KMD ini adalah mempersiapkan Pembina pramuka sebagai ujung tombak kegiatan pramuka di gugus depan dalam implementasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 67, 68, 69/2013 tentang ekstrakurikuler Pramuka wajib di sekolah.

Butiran hujan jatuh membasahi bumi perkemahan. Tenda berdiri kokoh diterpa badai. Peserta KMD menerima bekal dari pelatih untuk membina diri mereka menjadi Pembina yang bertanggung jawab serta berbudi pekerti luhur. Kakak Pelatih menyampaikan pesan pada saat penutupan Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar,“Ada 3 tahapan dalam masa muda; yang pertama pemuda masa lalu, yang kedua pemuda masa depan, yang ketiga adalah pramuka yang paling hebat, mereka cepat, mereka yang selalu bertanggung jawab atas hidup mereka sendiri.” lanjut Kakak Pelatih,“Seorang pemimpin harus merespon dengan baik.”

Peserta KMD akan mendapatkan penilaian dari dewan pelatih dan pembimbing di akhir kegiatan. Nilai itu diambil dari hasil kedisiplinan,pre test, post test, dan keaktifan peserta dalam mengikuti agenda selama 6 hari berturut-turut. Penilaian tersebut akan menjadi laporan yang disampaikan oleh pimpinan kursus.