Pidato memiliki artian umum sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan dengan menggunakan lisan dari ungkapan pikiran maupun ide. Pidato yang dilombakan sebagai ukuran kemampuan seseorang dalam berbahasa dengan menyeimbangkan budaya Indonesia.

Tepat pada tanggal 21 Januari 2021, di malam hari dihiasi cahaya bintang Kyai Muhammad Azharullah, Lc. telah membuka sekaligus memberi sambutan di atas mimbar sebagai awal acara. “Cara kita menyampaikan pesan kepada pendengar yaitu dengan berpidato. Kepada siapa kita berbicara, pembicaraan harus bisa dipahami. Dengan bahasa apa kita belajar, sudah sepantasnya kita berpidato menggunakan bahasa itu (Bahasa Inggris dan Arab)”, sambutan yang disampaikan oleh bapak pimpinan.

Seperti tahun sebelumnya, Pondok Modern Arrisalah Program Internasional telah menyelenggarakan lomba pidato yang dibantu serta diadakan oleh Kelas 4 dan 3 Int KMI yaitu “Art Speech Contest”. Motto ASC “Persatuan yang digenggam erat, bak garuda yang mencengkram mangsanya diatas lautan yang kelak akan mempererat persatuan dan menghapuskan perbedaan dunia dengan penuh perdamaian”. Acara ini diikuti oleh 12 peserta yang telah diseleksi sebelum acara, dengan kriteria; penyampaian, pesan, bahasa, gestur, dan intonasi.

Dalam acara ini, peserta berlomba-lomba untuk menampilkan pidato terbaik mereka. Mereka juga mengembangkan bahasa yang digunakan dalam meyampaikan pesan dan kesan dengan tema “Keberagaman Seni Budaya dan Agama di Indonesia”. Selain bahasa Indonesia, lomba ini juga disampaikan menggunakan bahasa internasional, yaitu Bahasa Inggris dan Arab. “! فاستبقوا الخيرات ”, pesan ketua panitia untuk peserta lomba Hasil akhir akan diambil 3 pemenang berbahasa Indonesia, 3 pemenang berbahasa Inggris, dan 3 pemenang berbahasa arab. Pemenang menerima piala dan sertifikat sebagai penghargaan atas keterampilan mereka dalam berpidato.