Patah tumbuh hilang berganti, kalimat yang sering kita dengar di Arrisalah, Kali ini tiba saatnya kelas VI KMI melaporkan tanggung jawabnya atas amanah yang diberikan oleh bapak pimpinan kepada mereka, dalam kepengurusan Oraganisasi PTTI selama satu tahun penuh menjabat. Dan memberikan amanah baru kepada santri kelas 5 KMI pada tanggal 22 Januari 2020.

Sehubungan dengan tugas pokok Staff Pembantu Pengasuhan Santri dalam menaungi dan membimbing organisasi PTTI (Pesantren Tepat Teknologi Islam), secara otomatis tanggung jawab pembentukan stuktur keorganisasian santri dipegang sepenuhnya oleh staf tersebut.

Struktur organisasi PTTI disusun berdasar musyawarah staf dan pembimbing bagian yang dikoordinir para guru pengasuh dengan persetujuan Pimpinan dan Wakil Direktur Kesiswaan.

Adapun struktur keorganisasian ini dibentuk setahun sekali dan sekali-kali dibentuk perombakan (reshuffle) seperlunya bila dihajatkan.

Pengurus dilantik dalam acara acara ini. Para guru pengasuh mengarahkan pengurus baru untuk menyusun rancangan program kerja yang akan menjadi acuan pelaksanaan kegiatan selama masa jabatan organisasi.

Hal ini dimaksudkan agar seluruh kegiatan yang direncanakan bagian-bagian dalam organisasi PTTI berjalan dinamis, harmonis, dan terarah sehingga apa yang menjadi tujuan dan harapan organisasi dapat tercapai.