Micro Teaching atau Amaliyah adalah praktek mengajar, merupakan suatu hal yang tak asing bagi pendidikan pesantrean,     karena kegiatan ini merupakan salah satu uji kompetensi calon pendidik atau guru. Tentunya pihak pesantren selalu mengadakan embekalan Praktek Mengajar bagi santri kelas akhir KMI 2020. Disini mereka diberikan arahan bimbingan dan pelajaran untuk menjadi seorang Guru.

Sabtu, 1 Februari 2020 tepat dilaksanakannya amaliyah perdana, santri kelas akhir yang terpilih setelah melewati ujian akhir adalah saudara Firman Reza Ilham, kelas VI B Asal Ciamis.

Adapun pelajaran yang diajarkan adalah Qiraatur-r-Rasyidah atau Muthalaah kelas 2, dengan Judul Abdullah wa ‘ushfuur. dimulai tepat 07.45, atau waktu normal KMI jam ke-2.

Setelah Amaliyah perdana ini selesai dilanjutkan dengan An-Naqdu (Kritik) dengan seluruh Dewan Guru Pembimbing Amaliyatu-l-Tadris sampai dengan selesai.

Agenda ini adalah salah satu diantara rangkaian kegiatan santri kelas akhir KMI, bertujuan sebagai wadah untuk mempraktikan buku At-Tarbiyah wat-Ta’lim cetakan Gontor guna mencetak kader-kader guru yang berkompeten.